//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GARIS DAN SUDUT DENGAN METODE GAMES DI SMP KEMALA BHAYANGKARI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang ANDE RIKA SAPUTRI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam proses pembelajaran. Salah Satu komponen yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran adalah memilih media pembelajaran yang tepat. Berdasarkan analisis kebutuhan ditemukan bahwa guru masih membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi garis dan sudut, sehingga diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan metode games yang valid, praktis dan efektif. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari, penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali yang terdiri dari uji coba kelompok kecil yang terdiri 7 siswa dan uji coba lapangan yang berjumlah 23 siswa. Model pengembanganyang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri atas tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validitas perangkat dinilai dengan penilaian yang diberikan oleh validator. Nilai rata-rata yang diberikan para validator terhadap RPP adalah 4,5, LKPD adalah 4,3 dan THB adalah 4,2, sehingga RPP, LKPD dan THB memenuhi kriteria sangat valid. Kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan perangkat yang dikembangkan memenuhi kategori sangat tinggi yaitu dengan nilai rata-rata setiap pertemuan adalah 4,4 yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kriteria sangat baik. Keefektifan diperoleh berdasarkan tes hasil belajar yang menyatakan 87% siswa memperoleh nilai mencapai ketuntasan dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi garis dan sudut dengan metode game yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan peserta didik(LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN SEKOLAH PADA SD KEMALA BHAYANGKARI KOTA BANDA ACEH (Fitriyani, 2014)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy