//
PENGEMABANGAN APLIKASI GAME BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF KIMIA DI UNIVERSITAS |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | Isfin Cahyani Putri - Personal Name |
---|---|
Subject | COMPUTER PROGRAMMING-MULTIMEDIA SYSTEM GAMES -COMPUTER |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA |
Tahun Terbit | 2018 |
Abstrak/Catatan Kata Kunci : Media Pembelajaran Alternatif, koloid, android, aplikasi Chem4Fun, Reseacrh and Development (R&D) Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran alternatif berbasis android untuk materi koloid yang memudahkan peserta didik dalam belajar mandiri sambil bermain. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Kimia FKIP Unsyiah yang berjumlah 100 orang yang terdiri dari 4 strarta, yaitu starta 2014, 2015, 2016, dan 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan aplikasi Chem4Fun meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam tahap pengembangan, aplikasi Chem4Fun terlebih dahulu divalidasi oleh 2 validator ahli dan selanjutnya di uji cobakan dengan membagikan angket System Usability Scale (SUS) kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan media oleh validator ahli materi dan media sebesar 95 % dan persentase penilaian angket SUS terhadap aplikasi Chem4Fun yaitu, 46% responden memberi kriteria “Sangat baik”, 37% memberi kriteria “Baik” dan 17% memberi kriteria “Cukup”. Berdasarkan data-data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Chem4Fun yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran altternatif pada materi koloid. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENGEMBANGAN SERIOUS GAME “MRG BRIDGE” SEBAGAI PENERAPAN DARI KONSEP EULERIAN CIRCUIT DENGAN TAMPILAN TEKNOLOGI GRAFIK 3D (ALINA DWI IKNATIA, 2019) |
|
Kembali ke sebelumnya |