//
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | Sutriani - Personal Name |
---|---|
Subject | TEACHING METHODS LEARNING |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA |
Tahun Terbit | 2018 |
Abstrak/Catatan ABSTRAK Sutriani. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Permainan Ludo dan Geo-Monopoly Dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Abdul Wahab Abdi. M.Si, (2) Drs. Thamrin K, M.Si. Kata Kunci : perbandingan, hasil belajar, permainan ludo, geo-monopoly, geografi. Ragam penggunaan model pembelajaran menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan motivasi siswa yang nantinya akan berdampak pada prestasi belajar. Salah satunya penggunaan model pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa seperti penerapan model pembelajaran berbasis game kooperatif permainan ludo dan Geo-monopoly. Rumusan masalah adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran permainan ludo lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Geo-monopoly dalam mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran permainan ludo lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Geo-monopoly pada mata pelajaran geografi di SMAN 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (true experimental design). Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 237 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik porpusive sampling, diambil hanya dua kelas yakni kelas X-IS-2 sebanyak 28 siswa dan kelas X-IS-3 sebanyak 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model permainan ludo lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model Geo-Monopoly pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh t_hitung=2.03 dan t_(tabel )=1,68 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 51, artinya t_hitung>t_tabel sehingga H_a diterima (uji pihak kanan). Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran permainan ludo lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Geo-Monopoly tpada materi dinamika litosfer terhadap kehidupan. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) |
|
Kembali ke sebelumnya |