//
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARANPROGRAM LINIER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | Mirna Riazil Jannah - Personal Name |
---|---|
Subject | MATHEMATICS EDUCATIONAL MEDIA TEACHING MATERIALS |
Abstrak/Catatan Mirna Riazil Jannah. 2016.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Linier dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based LearningBerbantuan Software Autograph. Kemampuan pemecahan masalah dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran merupakan amanat dari Kurikulum 2013. Melatih dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta diidk dapat menggunakan model Problem Based Learning(PBL) yang mengintegrasikan TIK dalam menyelesaikan masalah. Untuk mencapai maksud tersebut diperlukan perangkat pembelajaran menggunakan model berbantuan software. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Program Linier dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri atas empat tahap. Tahap pertama yaitu pengkajian awal, kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi dan kemudian dianalisis sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangan perangkat pembelajaran. Tahap kedua yaitu perancangan, kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan cheklistuntuk melihat kesesuaian produk dengan hasil analisis kebutuhan bertujuan untuk memperoleh gambaran atau ide tentang perangkat yang dihasilkan, pada tahap ini diperoleh prototipe I. Tahap ketigayaitu realisasi/rekonstruksi, kegiatan yang dilakukan adalah proses validasi dari validator bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid. Tahap keempat yaitu tes, evaluasi dan revisi, kegiatan yang dilakukan adalah ujicoba lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang praktis. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, materi ajar berbantuan Software Autograph, dan tes hasil belajar (THB). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid dan praktis. Kata kunci: Program Linier, Problem Based Learning (PBL), Software Autograph, | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMA (MUHAMMAD RIDHA, 2018) |
|
Kembali ke sebelumnya |