//

PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR PEMROGRAMAN C BERBASIS WEB INTERAKTIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Vidilla Elfa - Personal Name
SubjectVISUAL PROGRAMMING
OBJECT - ORIETED PROGRAMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pemrograman adalah salah satu mata kuliah wajib di Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergolong sulit untuk dipelajari. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei terhadap 46 mahasiswa jurusan tersebut. Terdapat 3 faktor utama penyebab sulitnya pemrograman. Pertama adalah kurangnya pemahaman logika pemrograman C. Kedua adalah kurangnya media pembelajaran interaktif. Ketiga minimnya media pembelajaran pemrograman C dalam bahasa Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti membangun aplikasi pembelajaran pemrograman C yang diberi nama MARKAS C dan dapat diakses melalui link berikut www.cs.unsyiah.ac.id/~vaelfa/markas-c. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode RAD (Rapid Application Development) dan diuji menggunakan metode Black Box testing. Aplikasi ini terdiri dari materi dasar pemrograman C yaitu variabel dan tipe data, pernyataan bersyarat, perulangan, array dan pointer dalam bentuk video, serta contoh soal dan latihan. Kualitas aplikasi dianalisis dengan metode Webqual menggunakan sistem penilaian skala Likert 1-5 (sangat tidak setuju – sangat setuju). Analisis tersebut dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 72 mahasiswa jurusan Informatika (besarnya sampel berdasarkan rumus Slovin) yang telah dan sedang mengambil mata kuliah pemrograman. Hasilnya yaitu responden merasa puas dengan kualitas aplikasi untuk setiap kategori Webqual (usability, information quality dan service interaction). Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata jawaban responden untuk setiap kategori, yaitu 4,167; 4,178 dan 4,074 dari skala 5. Nilai rata-rata untuk ketiga kategori adalah 4,152 maka dapat disimpulkan bahwa responden merasa puas dengan aplikasi MARKAS C sebagai media pembelajaran pemrograman C. Kata Kunci : Pemrograman C, RAD, Rumus Slovin, Webqual, Likert

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI KOLOID UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (Putra Purnama, 2017)

PENGEMBANGAN APLIKASI WEB PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Maulidan Nashuha, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA (Lia Pradilasari, 2018)

PERANCANGAN ALAT PEMANAS BERBASIS MIKROKNTROLER (muhammad baiturrahman, 2015)

OPTIMASI PEMENUHAN KECUKUPAN GIZI MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS : ACEH BESAR) (Nina Meutia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy