//

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN GEO-MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang CUT MELI ZABELLA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : metode pembelajaran, Geo-Monopoly, hasil belajar, geografi Metode pembelajaran Geo-Monopoly merupakan metode pembelajaran hasil pengembangan media pembelajaran game yang bersifat edukatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly di SMAN 3 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan pengamatan respon siswa terhadap metode pembelajaran game edukasi Geo- Monopoly. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat pada siklus I terdapat 26 siswa tuntas, pada siklus II terdapat 31 siswa tuntas, dan pada siklus III terdapat 32 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% pada siklus I, 80% pada siklus II menjadi 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa dari siklus I sampai siklus III telah mencerminkan penerapan menggunakan metode pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly meningkat, hal ini terlihat pada siklus I diperoleh skor 2,49, pada siklus II diperoleh skor 3, dan pada siklus III diperoleh 3,2 dengan katagori baik; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran antara lain 90,6 persen siswa menjawab metode yang diajarkan masih baru, siswa berani menjadi berani berpendapat, materi baik, dan soal evaluasi baik, 93,7 persen siswa menjawab dapat memahami pembelajaran, 78,1 persen siswa menjawab penampilan guru menarik, 96,8 persen siswa menjawab suasana kelas menarik dan berminat mengikuti pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sutriani, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI PERMAINAN MISKIN PADA SISWA KELAS X IPS 2 DI MAN BANDA ACEH 1 (CUT RIKA PUTRI, 2016)

PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 KOTA JANTHO (MIFTAHUL JANNAH, 2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAME EDUKASI PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN BUSANA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (NURUL FADHILAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy