//
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN GEO-MONOPOLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BANDA ACEH |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | CUT MELI ZABELLA - Personal Name |
---|---|
Abstrak/Catatan ABSTRAK Kata kunci : metode pembelajaran, Geo-Monopoly, hasil belajar, geografi Metode pembelajaran Geo-Monopoly merupakan metode pembelajaran hasil pengembangan media pembelajaran game yang bersifat edukatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly di SMAN 3 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan pengamatan respon siswa terhadap metode pembelajaran game edukasi Geo- Monopoly. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat pada siklus I terdapat 26 siswa tuntas, pada siklus II terdapat 31 siswa tuntas, dan pada siklus III terdapat 32 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% pada siklus I, 80% pada siklus II menjadi 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa dari siklus I sampai siklus III telah mencerminkan penerapan menggunakan metode pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly meningkat, hal ini terlihat pada siklus I diperoleh skor 2,49, pada siklus II diperoleh skor 3, dan pada siklus III diperoleh 3,2 dengan katagori baik; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran antara lain 90,6 persen siswa menjawab metode yang diajarkan masih baru, siswa berani menjadi berani berpendapat, materi baik, dan soal evaluasi baik, 93,7 persen siswa menjawab dapat memahami pembelajaran, 78,1 persen siswa menjawab penampilan guru menarik, 96,8 persen siswa menjawab suasana kelas menarik dan berminat mengikuti pembelajaran game edukasi Geo-Monopoly. | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sutriani, 2018) |
|
Kembali ke sebelumnya |