//

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI VISUALISASI GOOGLE SKETCHUP PADA MATERI GEOMETRI TIGA DIMENSI DI KELAS XI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang ichsan - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
VISUALIZATION GOOGLE SKETCHUP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci :Google SketchUp, efektifitas pembelajaran Media Google SketchUp adalah freeware dari google yang bisa di gunakan untuk membuat dan memodifikasi bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Penggunaan media Google SketchUp sebagai media pembelajaran dikarenakan Program ini dapat menampilkan informasi berupa gambar tiga dimensi yang dapat dilukis dengan cara yang sederhana kemudian dapat dilihat dari semua sudut pandang, sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan media Google SketchUp pada materi geometri tiga dimensi di kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain One-Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TDTL SMK Negeri 2 Banda Aceh sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan persentase dan deskripsi skor rata-rata terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penggunaan media Google SketchUp efektif diterapkan pada materi hubungan antar unsure dalam bangun ruang di kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh. Hal ini dikarenakan hasil penelitian menunjukkan bahwa empat aspek yang dinilai efektif, yaitu aspek ketuntasan belajar (siswa tuntas sebanyak 86,95% tercapai), kemampuan guru mengelola pembelajaran (berada dalam kriteria baik dan sangat baik),aktifitas siswa selama pembelajaran (berada pada criteria baik dan sangat baik) dan respon siswa positif.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GOOGLE SKETCHUP DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ratna Dewi, 2014)

VISUALISASI 3 DIMENSI WISATA SEJARAH KERKHOF PEUCUT KOTA BANDA ACEH (Hanif Shidqi, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN PERAIRAN LAUT YANG MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLERNEARTH DENGAN PETA KONVENSIONAL SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (HUSNA DIAH, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATERI RUANG DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR (FERA NOVIANTI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERVARIASI PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SD NEGERI 1 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Rahmat Muliya Fitri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy