//
HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | HERI KURNIAWAN - Personal Name |
---|---|
Abstrak/Catatan Game online merupakan permainan yang dapat dimainkan orang banyak dan dapat menyebabkan kecanduan. Umumnya berrnain game online didorninasi oleh usia remaja. Kecanduan berrnain game online menimbulkan banyak permasalahan diantaranya pengaturan waktu kurang baik, kurangya waktu istirahat, kesehatan tubuh menurun dan sulit berkonsentrasi sehingga menjadi salah satu penghambat dalam belajar, yang pada akibatnya akan berpengaruh pada motivasi belajar. Motivasi belajar memegang peranan penting sebagai dorongan untuk pemberian semangat daJam belajar. Apabila individu mengalami kecanduan terhadap game online, maka cenderung tidak memiliki dorongan dan semangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game online point blank dengan motivasi belajar pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling. Data yang diperoleh dari dua skala, yaitu Kecanduan Bennain Game Online dan Skala Motivasi Belajar dengan subjek penelitian sebanyak 60 orang. Subjek penelitian adalah siswa SMP di Banda Aceh. Uji validitas dengan skor standar yang digunakan yaitu 0,273 dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rum us alpha dengan taraf signifikansi 0,05. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson yang diperoleh skor dengan koefisien (r) = -0.309 dengan p=0,0 16. Harga p menunjukkan skor yang lebih kecil dari taraf kesalahan yang digunakan yaitu sebesar 0,05. Jika (0,016 < 0,05) dengan demikian hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara kecanduan berrnain game online dengan motivasi belajar pada remaja. Koefisien determinasi (r) yang diperoleh = 0,096artinya sumbangan relatif kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar sebesar 9,6%. Artinya 9,6% motivasi belajar dipengaruhi oleh kecanduan bermain game online, dan 90,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Keywords : Kecanduan Bermain Game Online, Point Blank, Motivasi Belajar dan Remaja. | |
Tempat Terbit | |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN GAME ONLINE PADA REMAJA LAKI-LAKI SMA DI PEDESAAN ACEH BESAR (AJIRNA, 2019) |
|
Kembali ke sebelumnya |