//

PENGEMBANGAN APLIKASI APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME CARD BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ATOM DAN PARTIKEL PENYUSUNNYA DI SMP KELAS IX

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang NABILA SHAFIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pengembangan Aplikasi Augmented Reality pada materi atom dan partikel penyusunnya telah dilakukan pada siswa yang mengikuti pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi AR atom pada pelajaran IPA khususnya materi atom dan partikel penyusunnya di sekolah dan mengetahui respon pengguna terhadap aplikasi AR atom pada materi atom dan partikel penyusunnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 13 laki-laki di SMP Negeri 6 Banda Aceh yang mengikuti pelajaran IPA dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh kelayakan angket system usability scale (SUS). Teknik analisis data yang digunakan adalah penilaian kelayakan bahan ajar aplikasi AR atom, kelayakan media aplikasi AR atom dan evaluasi angket SUS dari angket tanggapan siswa terhadap AR atom diperoleh persentase rata-rata 86,9% dengan kriteria sangat baik. Hasil persentase rata-rata dari angket tanggapan guru terhadap aplikasi AR atom yaitu 81,0% dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase rata-rata skor yang diperoleh dari validator terhadap uji angket kelayakan AR atom yaitu 92,0% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa AR atom sangat layak digunakan untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di SMP pada materi atom dan partikel penyusunnya. Hasil validasi kelayakan aplikasi Ar atom secara keseluruhan adalah 92% dengan kriteria sangat layak digunakan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN APLIKASI APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME CARD BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ATOM DAN PARTIKEL PENYUSUNNYA DI SMP KELAS IX (NABILA SHAFIRA, 2020)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBBELAJARAN TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI BENTUK MOLEKUL (RAHADATUL AISY, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (Anggi Oktarina, 2018)

PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS KIMIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI PEMBELAJARAN KIMIA SMA (Zuhrizal Darlatiawan, 2017)

PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA UNTUK ANAK TK BERBASIS ANDROID (Muhajirin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy