//

LANGKAH-LANGKAH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Fahmi Zulfianda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebiasaan bermain game online pada remaja memiliki beragam dampak negatif terhadap tingkat kecanduannya jika durasinya > 4 hari/minggu dan > 4 jam dalam sehari. Pengawasan orang tua kepada anak dalam bermain game online sangat perlu diterapkan dengan membuat sejumlah aturan kepada anak-anaknya dalam menggunakan gadget untuk mengurangi kecanduan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengawasan orang tua terhadap kebiasaan bermain game online pada remaja di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden yang dipilih dengan teknik stratified proportional random sampling. Pengumpulan data diolah dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert yang berjumlah 31 item pernyataan kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pengawasan orangtua terhadap kebiasaan bermain game online pada remaja berada pada kategori baik yaitu sebesar 56,8%, dimana langkah-langkahnya: perlakukan otoriter berada pada kategori baik sebesar 79,5%, membangun pengertian berada pada kategori baik sebesar 81,8%, trik permainan berada pada kategori baik sebesar 72,7%, rasa tanggung jawab berada pada kategori baik sebesar 70,5%, dan seleksi permainan juga berada pada kategori baik sebesar 68,2%. Direkomendasikan kepada orang tua untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap kebiasaan remaja yang bermain game online, sehingga tanda-tanda akan kecanduan game online bisa ditangani segera. Kata Kunci: game online, kecanduan, pengawasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN RNKEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE ANAK RNUSIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI 53 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013)

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA (HERI KURNIAWAN, 2020)

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN GAME ONLINE PADA REMAJA LAKI-LAKI SMA DI PEDESAAN ACEH BESAR (AJIRNA, 2019)

PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA (STUDI PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS MIPA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNSYIAH BANDA ACEH) (Teuku Romy Syahputra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy