//
PERANCANGAN SISTEM PREDIKSI DAN PEMETAAN PERISTIWA KRIMINALITAS DENGAN BAYESIAN NETWORK |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
Pengarang | YUSRIZAL - Personal Name |
---|---|
Subject | NETWORK DATABASES - COMPUTER SCIENCE |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala |
Tahun Terbit | 2019 |
Abstrak/Catatan Pemetaan kriminal sangat berguna bagi pihak kepolisian dan masyarakat karena membantu pihak kepolisian dalam proses pengambilan keputusan. Hingga saat ini, jumlah personel kepolisian pada berbagai wilayah belum mencapai tahap ideal, yaitu 1 (satu) orang polisi untuk 100 orang masyarakat, sehingga pengawasan yang dilakukan akan menjadi kurang efektif. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, telah dilakukan penelitian tentang sistem pemetaan criminal, namun sistem yang telah dibuat masih memiliki beberapa kekurangan seperti hanya menggunakan variable jumlah kejadian criminal dan tidak mempertimbangkan factor utilitas. Terkait dengan permasalahan yang telah diuraikan, maka dibutuhkan pengembangan dari sistem pemetaan criminal dengan meningkatkan sistem pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan pengembangan dari sistem pemetaan criminal dengan mengimplementasikan metode Bayesian Network ke dalam sistem tersebut. Hal ini dikarenakan oleh kemampuan dari metode Bayesian Network untuk memberikan keputusan dengan mempertimbangkan banyak variable beserta factor utilitas. Pada langkah pertama dilakukan perancangan dengan menggunakan pendekatan contextual design yang meliputi wawancara, interpretasi, konsolidasi data, visioning, storyboarding, user environment design dan prototyping, sehingga dapat menangkap kebutuhan user dan menghasilkan suatu desain aplikasi dalam bentuk sketsa digital serta diketahui variable-variabel yang digunakan dalam sistem pemetaan kriminal. Selanjutnya dilakukan implementasi dengan membangun aplikasi menggunakan Xamarin Studio sesuai dengan desain yang telah didapatkan. Setelah aplikasi selesai, lalu dilakukan pengujian dengan metode Heuristic Evaluation pada aplikasi untuk mendapatkan hipotesa dari permasalahan yang mungkin dijumpai oleh user saat pengujian. Kemudian dilakukan pengujian dengan metode Usability Testing melalui pengujian efektivitas dan pengujian kepuasan user yang dilakukan secara kualitatif menggunakan model System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan user untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dan kepuasan user terhadap aplikasi. Selanjutnya aplikasi akan diperbaiki berdasarkan hasil pengujian. Setelah itu hasil pengujian akan dianalisa dan diambil kesimpulan. Setelah aplikasi selesai dirancang dan diuji, kemudian dibuat model pengambilan keputusan dengan menggunakan Bayesian Network pada aplikasi GeNIe dan dilakukan pengujian pada model tersebut menggunakan sejumlah data dummy. Dengan adanya penelitian ini, maka diharapkan dapat mengubah sistem pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan lebih akurat dibandingkan dengan sistem kerja sebelumnya. Kata Kunci: Pemetaan Kriminal, factor utilitas, Bayesian Network, Kebutuhan User, Contextual Design, Xamarin Studio, Heuristic Evaluation, Usability Testing, Efektivitas, System Usability Scale, GeNIe. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan STUDI IMPLEMENTASI JARINGAN WIRELESS MESHNETWORKMENGGUNAKANPROTOKOL ROUTING OLSR (Ghufran IY, 2020) |
|
Kembali ke sebelumnya |