//

ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM GRAPHIC NOVEL WARKOP DKI REBORN JANGKRIK BOSS! PART 2 KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DKK.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang ISMI FADHILAH - Personal Name
SubjectNOVELS
LITERATURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fadhilah, Ismi. 2018. Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Armia, S.Pd., M.Hum. (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum. Kata Kunci: interjeksi, penggunaan interjeksi, graphic novel Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk.” Rumusan masalahnya adalah (1) jenis-jenis interjeksi apa sajakah yang terdapat dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., (2) bagaimanakah penggunaan interjeksi dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk., dan (3) interjeksi apa sajakah yang paling dominan yang digunakan dalam Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Graphic Novel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 Karya Bene Dion Rajagukguk dkk. Data dalam penelitian ini berupa percakapan yang mencerminkan keragaman bahasa lisan yang terdapat dalam graphic novel. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) seleksi data, (2) klasifikasi data, (3) analisis data, dan (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam graphic novel terdapat dua belas jenis interjeksi, yaitu (1) interjeksi keheranan, (2) interjeksi simpulan, (3) interjeksi ajakan, (4) interjeksi panggilan, (5) interjeksi kekagetan, (6) interjeksi kesakitan, (7) interjeksi kelegaan, (8) interjeksi kekesalan, (9) interjeksi kekaguman, (10) interjeksi ketakutan, (11) interjeksi kesesalan, dan (12) interjeksi harapan. Penggunaan interjeksi dalam graphic novel terdapat banyak penyimpangan bahasa yang berupa penyimpangan dalam bentuk morfologi, penyimpangan yang ditambahkan penutur dalam bentuk huruf dan kata, dan penyimpangan semantik, tergantung situasi dalam tuturan tersebut. Jenis interjeksi yang paling dominan muncul atau yang paling sering muncul dalam graphic novel ialah interjeksi panggilan. Interjeksi panggilan muncul sebanyak 41 kali di dalam graphic novel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGGUNAAN INTERJEKSI DALAM NOVEL THE PRINCESS IN ME KARYA DONNA ROSAMAYNA (Nora Fajar, 2018)

AN ANALYSIS OF METAPHORICAL EXPRESSIONS IN TEENAGERS’ FICTION NOVELS (GATA KHUMAIRA, 2019)

ANALYSIS OF MAXIMS' FLOUTING PEFORMED BY THE MAIN ACTOR , KASINO, IN 'WARKOP DKI REBORN' MOVIE (RIZQINA BAROPHON, 2018)

INTERJEKSI DALAM BAHASA JAMEE (Mila Suherda, 2013)

INTERJEKSI BAHASA KLUET (basyirah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy