//
MEMBANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTS UNTUK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
Pengarang | Nurbaiti - Personal Name |
---|---|
Subject | EDUCATIONAL MEDIA LINEAR PROGRAMMING INSTRUCTIONAL MATERIAL |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | Program Studi Magister Matematika Universitas Syiah Kuala |
Tahun Terbit | 2016 |
Abstrak/Catatan ABSTRAK Rancangan media pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) untuk siswa kelas VIII SMP/MTs dirancang dengan menggunakan software Graphical User Interface (GUI) pada MATLAB. Rancangan media pembelajaran yang diberi nama elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) mempunyai penuntun langkah kerja yang sama seperti jika siswa mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara manual di kertas sehingga media ini dapat membantu siswa untuk menemukan konsep mencari solusi dari SPLDV. Pada saat menggunakan media pembelajaran ini persamaan dapat dipilih langsung dari media atau diinput secara manual setiap nilai koefisien dari variabel x, koefisien dari variabel y dan kostanta dari kedua persamaan, sedangkan operasi dipilih dengan meng-klik tombol tambah (+) dan kurang (-) pada kedua persamaan dan nilai yang diinput ini dapat dideteksi benar atau salah. Jika nilai yang diinput “benar” maka akan muncul pesan dikotak dialog ”nilai yang diinput benar”. Jika nilai yang diinput “salah” maka akan muncul pesan dikotak dialog “dimana terjadi kesalahan”, jika terjadi kesalahan siswa dapat memperbaiki kesalahan kemudian mengecek kembali apakah nilai yang diinput sudah benar. Setelah menggunakan media pembelajaran ini, dapat diketahui berapa skor nilai yang diperoleh siswa. Rancangan media pembelajaran ini dapat menampilkan materi SPLDV dan mempunyai panduan melalui langkah-langkah penyelesaian dalam aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil pengujian kegunaan dengan menggunakan Sistem Usability Scale (SUS), rancangan media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor 74,75 dan nilai percentile rank 80,75%, yang berarti bahwa media ini dikatakan cukup baik dan mudah digunakan oleh siswa SMP/MTs kelas VIII. Kata kunci: Media pembelajaran, GUI MATLAB, e-LKPD ABSTRACT Design of mathematics e-learning in System of Linear Equation of Two Variables (SPLDV) for 8th grade students of SMP/MTs was designed using software Graphical User Interface on MATLAB. The design of e-learning named “Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD)” had problem solving steps instruction as same as if they did “Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)” manually on paper so that it can help students to find concept of solutions from SPLDV. When using this e-learning, the equations can be chosen from the media or was manually entered every coefficient value of x variables and y variables, and constantans from both equations, whereas the operation was chosen by clicking plus (+) button and minus (-) at both equations and the value that was entered can be detected whether it was right or wrong. If the value that was entered was right, then the message that will appear in the dialog box is “Nilai yang diinput benar”. If the value that was entered was wrong, then the message that will appear in dialog box told where the error occurred, and the students can correcting the errors and recheck whether the entered value was right. After using the e-learning, it can be known how many scores that were gained by the students. This e-learning can show SPLDV materials and had guide through solving steps inside the applications. Based on usability testing using Usability Scale System, this e-learning got an average scores of 74.75 and the percentile rank value was 80.75% that means this e-learning is eligible for use by junior high school students in grade VIII. Keywords : e-learning, GUI MATLAB, e-LKPD | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019) |
|
Kembali ke sebelumnya |