//
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENGENDALIAN EMOSIONAL ANAK USIA REMAJA DI SMP/MTS WILAYAH KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
|
Pengarang | Sri Azizah Pase - Personal Name |
---|---|
Subject | ADOLESCENT PSYCHOLOGY LEARNING-MOTIVATION-PSYCHOLOGY |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | fakultas keperawatan universitas syiah kuala |
Tahun Terbit | 2018 |
Abstrak/Catatan Game online adalah jenis permainan yang menggunakan jaringan internet sebagai medianya dan dimainkan dalam dunia maya yang ditampilkan dalam bentuk virtual Seperti video game. Intensitas penggunaan game online yang tinggi dapat memicu terjadinya kecanduan game online. Prevalensi pengguna game online di Indonesia pada tahun 2017 berkisar antara 54,13% dengan persentase pengguna yaitu 82% pada usia 0-24 tahun. Kecandua game online memberikan banyak dampak negatif terutama bagi emosional remaja seperti cenderung lebih agresif, sulit mengontrol emosi, mudah berbohong, dan sering berkata kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan pengendalian emosional anak usia remaja di SMP/MTs wilayah Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif korelatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian berjumlah 1064 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan metode proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Game Addiction Scale dan kuesioner pengendalian emosional remaja. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan pengendalian emosional pada anak usia remaja di SMP/MTs wilayah Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh (p-value 0,045). Rekomendasi untuk orangtua dan pihak sekolah diharapkan agar dapat memantau aktivitas anak baik di rumah maupun di sekolah untuk mendorong aktivitas positif agar terhindar dari kecanduan game online karena dapat memberikan efek negatif terhadap perkembangan emosional. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan GAMBARAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Bahagia, 2019) |
|
Kembali ke sebelumnya |