//
HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK (STUDI PADA SDN 54, SDN 61 DAN SD IT AL- AZHAR) |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak |
Pengarang | Putri Amalia - Personal Name |
---|---|
Subject | ADOLESCENT PSYCHOLOGY LEARNING-MOTIVATION-PSYCHOLOGY |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA |
Tahun Terbit | 2017 |
Abstrak/Catatan Penelitian ini berjudul “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Berunsur Kekerasan Dengan Perilaku Agresif Anak (Studi Pada SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban tentang hubungan intensitas bermain game online berunsur kekerasan terhadap perilaku agresif anak di Banda Aceh dilihat dari ketiga sekolah dasar tersebut. Game online menempati peringkat ketujuh pada kategori aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Indonesia berdasarkan riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2013. Perilaku agresif terbentuk salah satunya akibat bermain game online berunsur kekerasan, kejadian ini pernah terjadi di Indonesia, pelaku mengaku terinspirasi salah satu game online First Person Shooter (FPS) Point Blank. Teori yang digunakan adalah Social Learning Theory. Dalam teori tersebut dikatakan bahwa ada beberapa tahapan terbentuknya perilaku melalui proses belajar sosial yaitu attention, retention, reproduction dan motivation. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenif eksplanatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode multistage non probability sampling dan purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan statistic parametric dengan teknik analisis data pearson, menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,344 dengan nilai (p) = 0,001 ( p < 0,05 ). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas bermain game online berunsur kekerasan dengan perilaku agresif anak SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar di Banda Aceh. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online berunsur kekerasan maka semakin tinggi perilaku agresif, demikian juga sebaliknya. Kata Kunci: Intensitas, Game online Kekerasan, Perilaku Agresif, Anak. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service | Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (STUDI KASUS PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP AGRESIFITAS ANAK USIA 8-15 TAHUN DI DESA LAMTEUMEN TIMUR) (Sheidati Zakiah Uli Iman, 2020) |
|
Kembali ke sebelumnya |