//

IMPLEMENTASI XML FLASH DALAM PEMBUATAN DENAH RUANGAN INTERAKTIF GEDUNG PERPUSTAKAAN UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perpustakaan Unsyiah saat ini memiliki koleksi sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar. Koleksi tersebut tersebar dalam berbagai jenis, meliputi buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi. Jumlah anggota perpustakaan setiap tahunnya terus meningkat. Jumlah anggota pada tahun 2012 berjumlah 4.057 orang, hingga saat ini anggota perpustakaan sudah mencapai 6.910 orang. Banyaknya ruangan yang terdapat di perpustakaan membuat pengunjung sering mengalami kesulitan untuk menemukan setiap ruangan yang ada di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat denah interaktif perpustakaan Unsyiah menggunakan Adobe Flash beserta ActionScript dan XML (eXtensible Markup Language) sebagai media penyimpanan data berupa teks. Pembuatan aplikasi ini dibangun melalui tahapan pembuatan denah, pembuatan aplikasi menggunakan Adobe Flash beserta ActionScript, Import gambar ke Flash, pembuatan button, pembuatan pop-up dan koneksi ActionScript ke XML, serta melakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah dibangun. Pengujian kelayakan aplikasi menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan jumlah responden 45. Hasil yang diperoleh dalam pengujian kelayakan sistem adalah 86% yang berarti aplikasi denah interaktif perpustakaan Unsyiah yang dihasilkan termasuk ke dalam grade B (exellent) dan dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini baik dan layak digunakan. Kata Kunci : Flash, XML, ActionScript (AS2), denah interaktif, System Usability Scale. ABSTRACT The Syiah Kuala University library has collection that consists of 75.114 titles and 136.925 copies. The collection consists of text books, journals, essays, thesis, magazines, references, research reports, CD-ROMs and documentations. Every year, the number of library member continues to grow and now the number has reached 6910 in 2016. There are currently many rooms in the library, in which the visitors may find it difficult to locate. This research has developed an interactive floor plan of Unsyiah library using Adobe Flash, ActionScript and XML (eXtensible Markup Language) XML, XML is used as a data storage medium in the form of text. This application was developed drawing floor plan, importing the floor plan to Adobe Flash, making button, making pop-up window, connecting ActionScript to XML then finally testing the feasibility of the finished application. The feasibility study used System Usability Scale (SUS) method. The questionnaire was distributed to 45 respondents. The result obtained from testing is 86% which means this application is categorized in grade B (excellent). So the application can be defined as good and feasible to use. Keywords : Flash, XML, ActionScript (AS2), interactive floor plan, System Usability Scale

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI XML FLASH DALAM PEMBUATAN DENAH RUANGAN INTERAKTIF GEDUNG PERPUSTAKAAN UNSYIAH (Firdaus, 2016)

IMPLEMENTASI XML FLASH DALAM PEMBUATAN PETA INTERAKTIF UNSYIAH (Saiful Bahri, 2016)

PEMETAAN INTERAKTIF LETAK TOKO LANTAI 1 DI PASAR ATJEH MENGGUNAKAN ACTIONSCRIPT 2 DAN XML (Mahdalil Munandar, 2017)

ANALISA KEPUASAN PEMETAAN INTERAKTIF LOKASI PARIWISATA DAN FASILITAS UMUM PULAU SABANG (Muhammad Marshadri, 2018)

ANALISIS BEBAN PENDINGIN RUANG AULA GEDUNG FAKULTAS MIPA UNSYIAH (Muhammad Akmal, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy