//

RESPON SISWA SELAMA BERMAIN GAME MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Husnul Khatimah - Personal Name
SubjectMATHEMATIC-ELEMENTARY EDUCATION
MATHEMATICAL GAMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Husnul Khatimah (2016). Respon Siswa Selama bermain Game melalui Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Pecahan di Kelas V SD. Materi pecahan masih sering dipahami sebagai materi yang bersifat abstrak sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan secara benar. Melalui model quantum teaching diharapkan guru mampu membuat materi pecahan lebih mudah dipahami siswa dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa mampu memperkuat pemahamannya tentang materi pecahan. Melalui game, diharapkan siswa dapat memperoleh kesenangan tanpa adanya paksaan, dan melalui game dapat disisipkan materi pelajaran sehingga siswa tidak hanya bermain tetapi mereka juga dapat melakukan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa selama bermain game pada saat diimplementasikan model quantum teaching di kelas VA SD IT Al Azhar, mengetahui respon siswa selama bermain game setelah diimplementasikan model quantum teaching di kelas VB SD IT Al Azhar, dan mengetahui hasil belajar siswa di kelas VA yang bermain game pada saat diimplementasikan model quantum teaching dan di kelas VB yang bermain game setelah diimplementasikan model quantum teaching. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VA dan 6 siswa kelas VB. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan respon siswa, wawancara, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) respon siswa kelas VA adalah masih banyak siswa merasa bosan dalam bermain game. Siswa masih merasa bingung dalam memainkan game. Dipihak lain, terdapat beberapa siswa yang merasa senang dalam memainkan game. Siswa terlihat fokus dalam memainkan game. Walaupun siswa merasa bingung dalam bermain game, namun tidak ditemukan frustasi, terkejut, dan keadaan netral pada siswa. 2) respon siswa kelas VB adalah siswa tidak bosan dalam bermain game. Siswa merasakan bingung, siswa senang dalam bermain game. Siswa terlibat langsung dalam bermain game. Siswa juga fokus pada game tersebut, selama siswa bermain game siswa memainkan dengan ekspresi natural. Walaupun siswa merasa bingung dalam bermain game, namun tidak ditemukan frustasi dan terkejut pada siswa. Kata kunci: Respon Siswa, Game Matematika, Model Quantum Teaching, Materi Pecahan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy