//

HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEJADIAN ASTENOPIA PADA PELAJAR SMA DI WARNET - WARNET KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Fatin Ulfah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Game online merupakan game yang menggunakan jaringan internet dengan satu atau lebih pemain yang bersifat hiburan. Kecanduan game online merupakan perasaan ingin mengulangi kegiatan bermain gamesecara terus-menerus. Salah satu dampak dari kecanduan game online menyebabkan gangguan pada mata atau dalam istilah kedokteran disebut astenopia. Astenopia merupakan kumpulan gejala gangguan penglihatan subjektif yang terkait dengan kerja yang membebani mata yang mengakibatkan mata lelah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecanduan game online dengan kejadian astenopia pada pelajar SMA di warnet - warnet Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada bulan Mei - Desember 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, sebelumnya dilakukan uji tajam penglihatan menggunakan Snellen Chart. Analisis dengan uji Spearman didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kecanduan game online terhadap kejadian astenopia pada pelajar SMA di warnet - warnet Kota Banda Aceh dengan p-value = 0,003 (p < 0,005) dan nilai r adalah 0,497 (korelasi sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi positif antara tingkat kecanduan game online terhadap kejadian astenopia pada pelajar SMA di warnet - warnet Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

GAMBARAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Bahagia, 2019)

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA (HERI KURNIAWAN, 2020)

HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PENGENDALIAN EMOSIONAL ANAK USIA REMAJA DI SMP/MTS WILAYAH KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Sri Azizah Pase, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy