//

HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN RNKEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE ANAK RNUSIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI 53 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Sri Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN vi SKRIPSI 09 Juli 2015 xv Halaman + VI BAB + 99 Halaman + 17 Tabel + 1 Skema + 21 Lampiran SRI WAHYUNI 1107101020034 HUBUNGAN PENGAWASAN ORANGTUA DENGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 53 BANDA ACEH ABSTRAK Game online dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Anak usia sekolah merupakan salah satu pengguna yang perlu mendapat kontrol dari orangtua. Peran orangtua untuk mendampingi dan mengawasi penggunaan internet pada anak sangat dibutuhkan serta bersikap bijaksana dalam mendidik anak di era digital. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengawasan orangtua dengan kebiasaan bermain game online anak usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh. Jenis penelitian bersifat deskriptif korelatif dengan populasi 229 orang (anak usia sekolah dan orang tuanya) dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara proportional sampling dengan jumlah sampel 69 responden. Alat pengumpul data yaitu kuesioner dengan cara ukur angket, waktu penelitian dilakukan dari tanggal 13 Juni sampai 02 Juli 2015. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengawasan orangtua dengan kebiasaan bermain game online (p=0,006 < 0,05). Secara khusus ada hubungan antara memberi rasa tanggung jawab dengan kebiasaan bermain game online (p=0,021). Tidak ada hubungan antara hindari perlakuan otoriter (p=1,000), membangun pengertian (p=0,586), penggunaan trik permainan menjadi umpan balik (p=0974), dan seleksi jenis permainan (p=0,202) dengan dengan kebiasaan bermain game online anak usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh. Diharapkan kepada orangtua dan lembaga pendidikan dapat meningkatkan langkah pengawasan bagi anak usia sekolah terutama dalam memberikan stimulasi melalui seleksi permainan yang tepat sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Kata Kunci : Game Online, Anak Usia Sekolah, Pengawasan Orangtua. Daftar Bacaan : 15 Buku, 5 Jurnal, 1 Skripsi, 16 Sumber Online (2001-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LANGKAH-LANGKAH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Fahmi Zulfianda, 2020)

HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK (STUDI PADA SDN 54, SDN 61 DAN SD IT AL- AZHAR) (Putri Amalia, 2017)

HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN CARA-CARA BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGRI TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HERI JUANDA, 2016)

HUBUNGAN GAMES ONLINE DENGAN PERKEMBANGANRNKOGNITIF ANAK USIA 10-11 TAHUN DI SEKOLAHRNDASAR NEGERI 56 BANDA ACEH (DIAN RAHMATIKA, 2014)

DISTRIBUSI FAKTOR MOTIF BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA SMA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Ersa Maulia, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy