| |
Supriana. RAGAM HIAS DAN NILAI SIMBOLIS PADA PAKAIAN PENGANTIN ADAT ACEH TENGAH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018 |
|
AbstrakAbstrak
supriana. 2018. ragam hias dan nilai simbolis pada pakaian pengantin adat aceh tengah.skripsi, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing:
(1) dr. anizar ahmad, m. pd., (2) dra. fikriah noer, m.pd.
kata kunci : ragam hias, pakaian pengantin aceh tengah
keanekaragaman motif pada pakaian tradisional aceh tengah yang kian beragam membuat para pengrajin menciptakan berbagai macam ragam hias, sehingga sebagian dari masyarakat belum mengetahui makna dan simbol yang terdapat pada pakaian, khususnya pada pakaian pegantin adat aceh tengah. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam hias yang terdapat pada pakaian pengantin adat aceh tengah dan mengetahui makna yang terdapat pada pakaian pengantin adat aceh tengah. subjek dalam penelitian ini adalah seorang tokoh adat, 2 orang tokoh budayawan dan 2 orang pengrajin ragam hias. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
Baca Juga : NILAI SIMBOLIS PADA RAGAM HIAS PELAMINAN TRADISIONAL ACEH BESAR (Nazirah, 2016) ,
Baca Juga : RAGAM HIAS DAN NILAI SIMBOLIS PADA PELAMINAN ADAT BENER MERIAH (Yulia Maulita Yr, 2018) , itatif. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam hias yang terdapat pada pakaian pengantin adat aceh tengah terdiri atas motif, upuh ulen-ulen, ikat pinggang, topi, dan perhiasan. motif ragam hias yang terdapat dalam pakaian pengantin terdiri atas 19 motif: yaitu motif tapak sulaiman bermakna bijak dalam mengambil keputusan. tali putar tiga bermakna adanya ikatan kebersamaan. matahari bermakna sumber kehidupan. tunas bambu bermakna motivasi untuk generasi muda. awan tetap bermakna sikap yang demokrasi. awan berjalan bermakna rasa kesetiaan. pagar bermakna kehidupan masyarakat. awan berbaris bermakna satu kesatuan. rante bermakna kebersatuan dan kebersamaan. tali mustika bermakna rasa kesadaran dalam diri. pengukuran bermakna bijak dan tegas. sara opat yang bermakna empat unsur yang terdiri dari raja, petua, imam dan rakyat. cucuk pengong bermakna seide, seirama dan satu rasa. leladu bermakna sesuatu yang berharga. awan berkumpul bermakna perkumpulan masyarakat. perhiasan yang digunakan oleh pengantin pria dan pengantin wanita adalah perhiasan yang memberikan keindahan pada pengantin. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai simbolis yang terdapat pada pakaian pengantin adat aceh tengah sangatlah penting dan perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat, baik pengguna ragam hias dalam bentuk aksesoris maupun milineris sehingga nilai yang terdapat didalamnya tidak akan hilang dan tidak akan luntur seiring dengan perkembangan Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : rianalavina95@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah. Literature Searching ServiceTulisan yang relevan MOTIF RAGAM HIAS PADA PAKAIAN ADAT PERNIKAHAN SUKU ALAS DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (Riski Amalia, 2016) ,PENGEMBANGAN RAGAM HIAS UKIRAN INAI PADA PENGANTIN WANITA ACEH (Magvirah Zuhra, 2016) , PERGESERAN NILAI BUDAYA DALAM PENGGUNAAN PAKAIAN PENGANTIN DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Arma Ariga, 2014) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |