| |
Mulia Rahmat. REPRESENTASI KONFLIK ACEH MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM DOKUMENTER JALAN PEDANG RI DAN GAM). Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala, 2017 |
|
AbstrakAbstrak
penelitian ini berjudul” representasi konflik aceh melalui film dokumenter
(studi analisis semiotika pada film dokumenter jalan pedang ri dan gam)”.
film dokumenter merupakan salah satu genre yang banyak menampilkan sisi lain
dari lingkungan sosial. hal ini dikarenakan pembuatan film dokumenter memiliki
pengaruh besar dalam mengangkat problema yang terjadi dalam kehidupan
masyarakat secara kompleks. film dokumenter ”jalan pedang” bercerita tentang
perjuangan rakyat aceh dalam menuntut keadilan dari indonesia. yang mana
ketika diproklamasikan kemerdekaan indonesia termasuk aceh, aceh tidak
merasakan kemerdekaan dan merasa terabaikan. representasi konflik dalam film
terbagi atas tiga tipe yaitu konflik persepsi, konflik perasaan, konflik tindakan.
penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif melalui analisisi semiotika roland barthes. studi kepustakaan yang
digunakan berupa sebuah film dokumenter
Baca Juga : PERSEPSI SANTRI SMA PADA PESANTREN TERPADU BABUL MAGHFIRAH ACEH BESAR TERHADAP FILM DOKUMENTER MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Azwar Rahman, 2020) ,
Baca Juga : PENGARUH FILM DOKUMENTER "GARAMKU TAK ASIN LAGI" TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBELI GARAM LOKAL (STUDI KASUS MASYARAKAT BANDA ACEH) (Cut Suriati Harsa, 2016) , ya watchdoc dan buku-buku, foto, serta website resmi rumah produksi watchdoc. hasil dari penelitian ini yaitu representasi konflik dalam film dokumenter ini masih disimbolkan dengan bantuan teks, foto dan beberapa adegan flashback saat tragedi peristiwa berdarah yang terjadi pada tahun 1999 silam. adapun adegan –adegan yang mewakili konflik yaitu penggunaan senjata tajam, adanya kumpulan massa yang memberontak, dan beberapa kumpulan foto bersejarah dari tahun berdirinya gerakan aceh merdeka hingga puncak peristiwa berdarah dimulai dari tahun 1999-2005 sebagai puncak perdamaian antar ri-gam melalui ikatan perjanjian mou-helsinki di swedia. kata kunci: representasi, konflik, film dokumenter jalan Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : aneuk_glee69@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah. Literature Searching ServiceTulisan yang relevan REPRESENTASI PESAN MORAL ISLAM DALAM FILM HIJRAH CINTA (Marhamah, 2016) ,REPRESENTASI NILAI-NILAI SEPARATIS DALAM FILM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM THE HUNGER GAMES MOCKINGJAY) (Zoelyanis, 2018) , REPRESENTASI TAYANGAN KEKERASAN PADA FILM KILLERS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (dara phonna, 2016) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |