| |
YANTI MUHARRAMI . PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016 |
|
AbstrakKata kunci: perbandingan, hasil belajar, ular tangga, monopoly, ips terpadu
media sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena ia berperan sebagai
alat bantu pendengaran dan penglihatan peserta didik. salah satu media yang bisa
digunakan dalam pembelajaran adalah media permainan ular tangga dan monopoly
dimana dengan menggunakan kedua media ini dapat melatih siswa untuk aktif berkerja
sama dalam kelompok. rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar
siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil
belajar siswa menggunakan media permainan monopoly pada mata pelajaran ips terpadu
siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih
baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan media permainan monopoly
pada mata pelajaran ips terpadu siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh.
populasi dalam penelitian
Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017) ,
Baca Juga : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (Febri Wanti Ramadhani, 2018) , ini adalah seluruh siswa kelas vii yaitu 3 kelas yang jumlah siswa 61 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas vii 1 sebanyak 22 siswa dan kelas vii 2 sebanyak 21 siswa. teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum menerima pelajaran, sedangkan post-test dugunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerima pelajaran. teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. hasil pengolahan data tersebut diperoleh nilai t hitung = 3,24 yang lebih besar dari t = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan peluang 0,95 dan dk = 41, maka h 0 tabel ditolak dan h diterima. simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa meggunakan media permainan monopoly pada mata pelajaran ips terpadu siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh. Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah. Literature Searching ServiceTulisan yang relevan PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sutriani, 2018) ,PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDA ACEH (Putri Mawarni, 2020) , EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |