| |
Siti Fatimah. BENTUK PENYAJIAN DAN MAKNA GERAK TARI RABBANI WAHID DI DESA SANGSO KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015 |
|
AbstrakAbstrak
kata kunci : bentuk penyajian, makna, tari rabbani wahid.
penelitian berjudul “bentuk penyajian dan makna gerak tari rabbani wahid di desa sangso kecamatan samalanga kabupaten bireuen“ mengangkat masalah bagaimana bentuk penyajian dan makna tari rabbani wahid di desa sangso kecamatan samalanga kabupaten bireuen. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian tari rabbani wahid dan makna tari rabbani wahid di desa sangso kecamatan samalanga kabupaten bireuen. sumber data dalam penelitian ini adalah pelatih, penari, dan syeikh radat di desa sangso kecamatan samalanga kabupaten bireuen. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi, dan teknik analisis data dengan mereduksi, display, serta verifikasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa tari rabbani wahid ciptaan t.m.daud gade pada tahun 1990, tari rabbani wahid ditarikan
Baca Juga : BENTUK PENYAJIAN TARI PHO DI GAMPONG UJUNG PADANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (FITRI AFRIANI, 2015) ,
Baca Juga : MANTRA DAN GERAK TARI SINING (MARISA ULFA, 2019) , oleh sepuluh orang penari laki-laki dan dua orang syeikh radat, tarian ini memiliki sepuluh ragam gerak, yaitu gerak salam (saleum), gerak bismillah ( deungon bismillah), gerak hattayatun (afdhalul insan), gerak sulthan maujuudun, gerak salatullah, gerak allah rabbani, gerak din awaidin, gerak hasan tsuma husen, gerak syailellah, dan gerak allahu, diiringi dengan syair. iringan musik pada tari rabbani wahid adalah nyanyian yang dilanturkan oleh syeikh radat yang berjumlah dua orang dan efek gerakan yang dilakukan penari. pola lantai tari ini bervariasi yang terdiri dari dua formasi yaitu formasi duduk dan formasi berdiri. tari rabbani wahid ditampilkan diatas pentas proscenium, busana yang digunakan adalah busana adat aceh, yang terdiri dari busana penari dan busana syeikh radat. hal yang berbeda dari keduanya adalah warna pakaian yang digunakan. tari rabbani wahid ini memiliki makna gerak yang berbeda-beda. secara keseluruhan makna dari gerak tari rabbani wahid adalah makna kehidupan, kesadaran iman, ikatan atau hubungan hidup manusia, keagungan dan kekuasaan allah serta ratapan manusia terhadap Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah. Literature Searching ServiceTulisan yang relevan BENTUK PENYAJIAN DAN MAKNA GERAK TARI TRADISIONAL LANDOK ALUN DI DESA TELENGAT PAGAN KABUPATEN ACEH TENGGARA (Hikma Afnia Sara, 2018) ,TRANSFORMASI TRADISI MEUDIKEE DALAM KONTEKS MASYARAKAT SAMALANGA DI KABUPATEN BIREUEN (LIDIA FITRI, 2019) , BENTUK PENYAJIAN TARI ELANG NGELEKAK DI KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG (Shinta Elwita, 2015) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |