| |
Nufus. KONTRIBUSI ABU LUENG-IE DALAM MENGEMBANGKAN THARIQAT NAQSYABANDIYAH DI ACEH BESAR, 1960-1992. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014 |
|
AbstrakKata kunci : kontribusi, abu lueng-ie, thariqat naqsyabandiyah
sesuai dengan judul yang diangkat yaitu “kontribusi abu lueng-ie dalam mengembangkan thariqat naqsyabandiyah di aceh besar, 1960-1992” maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana riwayat hidup abu lueng-ie, (2) untuk mengetahui bagaimana upaya abu lueng-ie dalam mengembangkan thariqat naqsyabandiyah di aceh besar antara tahun 1960-1992, dan (3) untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan abu lueng-ie dalam mengembangkan thariqat naqsyabandiyah di aceh besar. dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah atau disebut metode sejarah kritis, yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (library research), wawancara (interviuw), penelitian lapangan (field research), dan studi dokumentasi. berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui
Baca Juga : KONTRIBUSI MAULANA JAELANI MUSA DALAM MENGEMBANGKAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI KLUET UTARA (1957-1983) (Fajar Ilham, 2017) ,
Baca Juga : BIOGRAFI TENGKU HAJI MUHAMMAD ALI IRSYAD (ABU TEUPIN RAYA, 1915-2003) (Rejal Afriansyah, 2018) , bahwa: (1) abu lueng-ie merupakan seorang tokoh ulama dari aceh besar. dia dilahirkan pada tahun 1921 dari golongan bangsawan. kemudian dalam hidupnya dia seorang yang berpendidikan yang pernah belajar baik di sekolah umum maupun di dayah-dayah yang ada di aceh. (2) thariqat naqsyabandiyah yang sekarang tersebar hampir di seluruh pelosok aceh besar ternyata adalah thariqat yang dibawa langsung oleh abu lueng-ie, yang dia peroleh dari gurunya tengku haji muhammad waly al-khalidy dari dayah darussalam labuhan haji, aceh selatan. dalam rangka menjalankan misinya untuk megembangkan thariqat naqsyabandiyah di aceh besar dia memakai metode uswatun hasanah dengan berbagai aktivitas seperti suluk, tawajjuh, dan lain-lain. (3) dalam mengembangkan thariqat naqsyabandiyah di aceh besar, abu lueng-ie mendapatkan berbagai hambatan di antaranya sebahagian masyarakat aceh besar yang belum betul-betul memahami tentang thariqat naqsyabandiyah yang di bawa oleh abu lueng-ie, menentang ajaran tersebut. selain itu tantangan juga datang dari ilmuan terutama para dosen-dosen dari uin atau iain masa itu. yang menganggap thariqat naqsyabandiyah itu sesat dan Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah. Literature Searching ServiceTulisan yang relevan PERKEMBANGAN THARIQAT SYATTARIYAH DI DESA PEULEKUNG KECAMATAN SENAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA, 1972-2014 (Hasan Basri, 2016) ,TOKOH TASAWUF: BIOGRAFI PROF. DR. H. MUHIBUDDIN WALY AL-KHALIDY (1936-2012) (Mahyuddin, 2019) , PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN PANDE BESI RNDI GAMPONG BAET MESJID KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR, 1992-2014 (OPI ARISKA, 2014) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |