SITI MAULIN. MAKNA MOTIF RAGAM HIAS PADA RUMAH TRADISIONAL ACEH DI MUSEUM ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak kata kunci: makna, motif, ragam hias, rumah tradisional aceh penelitian yang berjudul “makna motif ragam hias pada rumah tradisional aceh di museum aceh” penelitian ini mengangkat rumusan masalah tentang bagaimana makna motif ragam hias pada bagian luar rumah tradisional aceh di museum aceh. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna motif ragam hias pada bagian luar rumah tradisional aceh di museum aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan semiotika dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah nurdin. ar selaku tokoh adat dan sejarah dan merupakan bagian dari maa (majelis adat aceh) yang memahami bagian dari berbagai macam bentuk motif pada rumah tradisional aceh di museum aceh. objek dalam penelitian ini adalah rumah tradisional aceh yang ada di museum aceh. teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data menggunakan teknik

Baca Juga : NILAI SIMBOLIS PADA RAGAM HIAS PELAMINAN TRADISIONAL ACEH BESAR (Nazirah, 2016) ,

Baca Juga : MOTIF RAGAM HIAS PADA UMAH PITU RUANG DI DESA KEMILI KABUPATEN ACEH TENGAH (Anisha Riyana, 2014) ,

tik sintaktik, semantik dan pragmatik. hasil analisis data menggunakan teori semiotik sintaktik tersebut menunjukan bahwa makna motif ragam hias pada rumah tradisional aceh di museum aceh yaitu, motif bungong seumanga (adat & keharuman), bungong seuleupok (kesuburuan), bungong geulima (kesuburan), bungong meulu (adat & kesuburan), bungong sagoe (keindahan), bungong kalimah (azimat & penyangkal), awan-awan (keindahan), awan sitangke (keindahan), bungong tabue (pluralisme), puta taloe (penjaga), bungong lampu gantung (keindahan), tapak catoe (sosial ), bungong kala (keindahan), bungong mata uroe (keindahan), bungong ayu-ayu (keindahan), dan bungong apeng (kesuburan). untuk mengetahui makna dari motif tersebut maka analisis selanjutnya menngunakan teori semiotik semantik, dimana setiap motif dimaknai dengan dua cara yaitu mankna secara denotasi dan makna secara konotasi. analisis makna motif selanjutnya menggunakan teori semiotik pragmatik yaitu menjelaskan hubungan antara tanda dengan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : maulinnoor@yahoo.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

MOTIF RAGAM HIAS PADA PAKAIAN ADAT PERNIKAHAN SUKU ALAS DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (Riski Amalia, 2016) ,

MAKNA SIMBOLIS RAGAM HIAS TRADISIONAL PADA RUMAH ADAT KABUPATEN ACEH SELATAN DI PKA RATU SAFIATUDDIN (M ANDIKA SAHPUTRA, 2018) ,

RAGAM MOTIF RUMAH RONGKO DI DESA KOTO KLUET TENGAH ACEH SELATAN (Reviki Safwandi, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi