Cut Mizan Asriadi. MAKNA PESAN VERBAL DAN NONVERBAL DALAM PERTUNJUKAN TARIAN SI DALUPA SEBAGAI BUDAYA ACEH BARAT. Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Masyarakat aceh umumnya sangat menjunjung tinggi kebudayaannya sendiri, khususnya masyarakat aceh barat yang terus mendukung dan melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah, supaya tidak punah dan terkikis oleh budaya luar. seni tari merupakan salah satu media komunikasi dalam mewujudkan nilai-nilai keluhan melalui gerak. dalam tarian banyak terkandung pesan, baik itu pesan verbal maupun nonverbal. oleh karena itu peneliti mengambil sebuah judul yaitu makna pesan verbal dan nonverbal dalam pertunjukan tarian si dalupa sebagai budaya aceh barat, studi pada sanggar seni buraq lam tapa desa kuta padang kecamatan bubon kabupaten aceh barat. fokus penelitian ini adalah terdapat dalam pertunjukan tarian si dalupa, baik itu melalui syair ataupun melalu gerakan-gerakan dalam tarian si dalupa, serta ingin mengkaji fungsi tarian si dalupa tersebut bagi masyarakat aceh barat, sehingga disebut tarian asli aceh barat. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. subjek pada penelitian

Baca Juga : MAKNA PESAN VERBAL DAN NONVERBAL YANG TERKANDUNG DALAM TARI SAMAN (SUATU PENELITIAN PADA GROUP TARI SAMAN GAYO SANGGAR SENI SEULAWEU) (Hendra Saputra, 2019) ,

Baca Juga : PENYAMPAIAN PESAN VERBAL DAN NONVERBAL MELALUI SENI TARI SEUDATI DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN ACEH (STUDI PADA SANGGAR SENI SEUDATI PUTRA NAGA DESA MUTIARA KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Juwanda, 2014) ,

ni berjumlah lima orang, terdiri dari pimpinan sanggar, pengamat budaya atau pemerintah aceh barat serta masyarakat yang menonton, sedangkan objek penelitian ini adalah makna pesan verbal (syair) dan nonverbal (gerakan) dalam pertunjukan tarian si dalupa. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi satu arah dan teori interaksi simbolik. berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pesan verbal dari syair yang disampaikan ialah supaya masyarakat harus mengintropeksi diri, kita harus berbuat baik sesama manusia dan pesan perjuangan teuku umar dan istrinya tjut nyak dhien mengusir belanda. sedangkan pesan nonverbal ialah bahwa si dalupa ingin mempelihatkan rasa kegembiraannya bahwa terbebas dari hukuman mati sang raja, serta si dalupa diumpamakan sebagai benteng pertahanan masyarakat pada masa dulu. sedangkan fungsi dari si dalupa selain hiburan, juga memotivasi masyarakat agar lebih cinta budaya daerah dan sebagai ajang promosi untuk menjadikan salah satu ikon aceh barat. kata kunci : pesan verbal, pesan nonverbal, tarian si dalupa, budaya aceh

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : mizanasriadi@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

PESAN BUDAYA DALAM TARI RANUP LAMPUAN BERDASARKAN TRADISI PEMULIA JAMEE (Ria Herlita, 2014) ,

MAKNA PESAN DALAM GERAKAN TARIAN PRANG SABIL SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (MAULANA MALIK IRHAN, 2019) ,

PERKEMBANGAN SENI PERTUNJUKAN KUDA KEPANG DI SANGGAR SETIA BUDAYA DESA BLANG PAKU KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2012-2018 (Devi Viliani, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi