Rika Agustina. KAJIAN KOREOGRAFI TARI BURQA AL-ZAFN DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : koreografi, tari burqa al-zafn, sanggar penelitian yang berjudul “kajian koreografi tari burqa al-zafn di sanggar budaya aceh nusantara (buana) banda aceh” ini mengangkat masalah bagaimana sejarah, proses penggarapan, dan makna yang terkandung dalam koreografi tari burqa al-zafn. tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sejarah, proses penggarapan, dan makna apa saja yang terkandung di dalam gerak dan pola lantai tari burqa al-zafn di sanggar budaya aceh nusantara (buana) banda aceh. subjek penelitian ini adalah kajian koreografi tari di sanggar budaya aceh nusantara (buana) banda aceh dan objek dalam penelitian ini adalah tari kreasi burqa al-zafn di sanggar budaya aceh nusantara (buana) banda aceh. metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pendekatan kualitatif lebih mementingkan pada proses penggarapan atau koreografi tari burqa al-zafn. data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi,

Baca Juga : BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI RATOEH JAROE DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH (Riska Gebrina, 2015) ,

Baca Juga : PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL ACEH PADA SANGGAR DI KOTA BANDA ACEH (INTAN, 2017) ,

wancara, dan dokumentasi. data yang diperoleh dianilisis secara deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan koreografi tari burqa al-zafn adalah tari kreasi yang terinspirasi dari tari sufi berpola pada tari tradisi dan tari tradisi rabbani wahet. tari burqa al-zafn diciptakan pada tahun 2007, tari ini termasuk dalam tari literel yang menceritakan perjalanan manusia dan munajadnya kepada allah. tari yang memiliki 25 ragam gerak, 14 pola lantai dengan 11 penari yang 3 penarinya adalah dibawah usia 17 tahun dan 8 penari adalah orang dewasa. tata busana yang digunakan pada tari ini menggunakan pakaian yang menutup aurat seperti baju kaftan, gamis, selendang, cadar, sarung tangan, dan kaus kaki dengan menggunakan tata rias cantik. makna yang terkandung dalam gerak tari ini yaitu seperti manusia yang sedang berdoa kepada allah semenjak ia lahir ke dunia sampai dengan manusia menemui

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Literature Searching Service



Tulisan yang relevan

BENTUK PENYAJIAN TARI ZAPIN PEKAJANG DI SANGGAR BUANA KOTA BANDA ACEH (Dara Ananda Surayya Tiba, 2016) ,

KAJIAN KOREOGRAFI TARI PIASAN MEULAOT DI SANGGAR RAMPOE KOTA BANDA ACEH (Puspa Hildayani, 2016) ,

KAJIAN KOREOGRAFI TARI POH KIPAH DI SANGGAR CUT MEUTIA MEULIGO ACEH UTARA (Nurul Riska. D, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi