| |
DILLA TRIA NOVITA. RAGAM BENTUK SUNTÊNG DARA BAROE DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2019 |
|
AbstrakAbstrak
kata kunci: ragam, bentuk suntêng, banda aceh
penelitian ini berjudul ragam bentuk suntêng dara baroe di kota banda aceh. rumusan masalah penelitian ini adalahbagaimana ragam bentuk suntêng dara baroe di kota banda aceh. sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan informasi tentang bagaimana ragam bentuk suntêng dara baroe di kota banda aceh.penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. adapun langkah-langkahnya adalah 1) pengumpulan data melalui observasi dan wawancara; 2) mereduksi untuk menyederhanakan data; 3) menyajikan data dalam bentuk deskripsi; 4) menarik kesimpulan; dan 5) menyusun laporan penelitian.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini ragam suntêng dara baroe di kota banda aceh masih cukup terjaga keberadaannya. adapun beberapa macam jenis suntêng tersebut adalah cucok ok (tusuk
Baca Juga : MAKNA SIMBOLIK HANTARAN DALAM ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT KABUPATEN PIDIE (CUT MULYANI TURSINA, 2019) ,
Baca Juga : PEWARISAN TRADISI MEURAPA’I DESA GLA MEUNASAH BAROE ACEH BESAR (Syafriruddin, 2019) , l), culok ok (tusuk sanggul), culok ok ulat sangkadu (tusuk sanggul melingkar seperti ulat), ceukam sanggoybungong keupula/ bungong tajok (tusuk sanggul bunga tanjung), kembang goyang, ayeum gumbak dan preuk-preuk.meskipun demikan, namun sebagian besar masyarakat lebih menyukai penggunaan suntêngdara baroehasil modifikasi. hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap ragam bentuk suntêngasli yang sudah dipakemkan. selain itu ditambah dengan adanya upaya pemodifikasian oleh para perias pengantin yang melebihi ketentuan sebesar 30% dalam menghasilkan bentuk suntêngyang lebih indah untuk menarik perhatian masyarakat kepada jasa yang mereka punya.adapun beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk tetap dapat mempertahankan keberadaan bentuk tradisional suntêng dara baroe ini adalah 1) meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan aceh, khususnya suntêng dara baroe, 2) pemerintah lebih terlibat dalam upaya pelestarian bentuk tradisional suntêng dara baroetersebut,seperti memasukkannya dalam kurikulum pembelajaran sekolah dan juga sosialisasi kepada msyarakat, dan 3) para perias pengantin aceh lebih memperkenalkan bentuk tradisional suntêng dara baroe kepada calon pengantin dan tidak memodifikasinya melebihi ketentuan yang telah Tulisan yang relevan PERBEDAAN PROSESI ADAT PERKAWINAN KETURUNAN SAID DENGAN MASYARAKAT BIASA DI KABUPATEN NAGAN RAYA (AJA NOVI SARIRAH, 2015) ,PERBANDINGAN LUAS RONGGA PELVIS SAPI ACEH DARA DAN SAPI BALI DARA DI ACEH BESAR (Permata Rosadi, 2017) , PERKEMBANGAN BENTUK DAN MOTIF PADA KERAJINAN TAS DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR (Annisa, 2016) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |