ALINA DWI IKNATIA. PENGEMBANGAN SERIOUS GAME “MRG BRIDGE” SEBAGAI PENERAPAN DARI KONSEP EULERIAN CIRCUIT DENGAN TAMPILAN TEKNOLOGI GRAFIK 3D. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak penelitian ini membahas tentang proses perancangan dan pengembangan game tiga dimensi. game ini terinspirasi dari konsep eulerian circuit yang dapat dibangun menjadi game bertipe serious di bidang matematika dan menerapkan konsep tersebut sebagai arena dan peraturannya. aplikasi game mrg bridge ini dirancang dalam tiga level dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, yang hanya dapat dimainkan pada penggunaan personal computer (pc) dan dengan satu pemain (single player). game ini dibangun menggunakan game engine unity 3d dan dengan bantuan software blender, adobe photoshop dan visual studio code untuk membangun sebagian asetnya. bahasa pemrograman yang digunakan dalam memberi perintah pada game ini adalah bahasa pemrograman c#. metode perancangan aplikasi yang digu nakan pada pengembangan game ini adalah model waterfall. game yang dihasilkan dari penelitian ini merupakan implementasi dari konsep eulerian circuit, dan dapat digunakan

Baca Juga : MEDIA PEMBELAJARAN PENCARIAN EULERIAN CIRCUIT DAN HAMILTONIAN CYCLE PADA GRAF SEDERHANA (Reza Wafdan, 2014) ,

Baca Juga : GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019) ,

sebagai media untuk melatih kemahiran mahasiswa yang sedang/telah mengikuti mata kuliah teori graf. kata kunci: game, serious game, eulerian circuit, game engine unity, bahasa pemrograman c#. abstract this research is focusing about the process of constructing and developing a 3d game. this game is inspired by eulerian circuit's concept that can be build up into a serious game in mathematics and applied the concept itself as the arena and the rules. this mrg bridge game is a single player personal computer (pc) game that has three stage with different difficulty level on each stage. this game is being built by using a game engine unity 3d with the help of another software such as blender, adobe photoshop, and visual studio code for making some of its components. this game built up using c# as its programming language. this game is developed by using waterfall application development methodology. the game made from this research is an implementation of eulerian circuit's concept and can be used as a medium for training student proficiency whose already taken the class or still taking the graph theory class. keyword: game, serious game, eulerian circuit, game engine unity, c# programming

Tulisan yang relevan

STUDI PEMBUATAN GRAFIK BENTUK - BENTUK ARTISTIK DENGAN KOORDINAT KUTUB (wenny herliana, 2016) ,

PENGEMBANGAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 1 PEUKAN BADA (Farah Meutia, 2014) ,

PERANCANGAN SPEAKER PORTABLE MENGGUNAKAN LED LEVEL METER DENGAN PENGATUR PENGUATAN BRIDGE DAN SINGLE (Rahma Zaniaty, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi