SUHARTINI PUTRI. KEMUSTAHILAN PUZZLE MN 1. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak puzzle mn 1 merupakan generalisasi dari puzzle 15: puzzle ini terdiri dari m  n grid yang dilabelkan dengan 1; 2; : : : ;mn 1 dan sebuah grid tanpa label (disebut blank). dalam permainan ini, diberikan sembarang posisi awal (pelabelan dari se- mua grid) dan sebuah posisi akhir, maka langkah demi langkah dilakukan agar posisi akhir dapat dicapai dari posisi awal. langkah yang dibolehkan hanyalah menggeser sembarang grid yang berdekatan dengan blank sehingga labelnya bertukar. tulisan ini ingin membahas bila mana posisi akhir tidak dapat dicapai dari posisi awal. ada (mn)! kemungkinan untuk posisi awal. akan dibuktikan bahwa adaminimal 1 2 (mn)! yang membuat puzzle ini mustahil untuk diselesaikan. sementara untuk setengah posisi awal lainnya tidak dibahas apakah posisi-posisi awal itu dapat mencapai ke posisi akhir. kata kunci: puzzle mn 1, grup permutasi, posisi mustahil abstract the mn 1 puzzle is the generalization of 15 puzzle that consist of m  n

Baca Juga : PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPUTER CLUSTERS AND NON-CLUSTER (Aridhatullah, 2015) ,

Baca Juga : KEMUSTAHILAN PUZZLE MN 1 (SUHARTINI PUTRI, 2018) ,

rids. each gridwas labeled by number 1; 2; : : : ;mn 1 and therewas an empty grid called blank. in this game, given any initial position and a final position, we apply a finite number of moves to the initial position so we can get a final position. a move is an action of sliding any grid adjacent to the blank so that the label will be switched. in this paper, we will talk about the situation when the final position cannot be achieve from the initial position. there are mn! possibilities of the initial position, we will prove that at least half of them cannot be solved. but we are not going to discuss about either the other half of possibilities can be solved or not. keywords: mn 1 puzzle, permutation group, impossible

Tulisan yang relevan

PUZZLE 15 (KHAIRUNNISA NUR FITHRIANI, 2018) ,

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016) ,

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, COMPUTER SELF EFFICACY DAN COMPUTER ANXIETY DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BAPPEDA PROVINSI ACEH (Romi Maulana , 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi