Teuku Romy Syahputra. PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA (STUDI PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS MIPA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNSYIAH BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Penelitian ini berjudul “pengaruh bermain game online terhadap perilaku komunikasi remaja (studi pada mahasiswa pemain game online di fakultas mipa jurusan informatika universitas syiah kuala banda aceh)”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bermain game online (variabel x) terhadap perilaku remaja (variabel y). populasi dalam penelitian ini berjumlah 127 orang dan setelah menggunakan rumus slovin, maka jumlah sampel penelitian yang diambil adalah sebanyak 56 orang yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan studi di informatika unsyiah. teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (dependency media theory) dimana media baru saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga menyebabkan rasa candu atau ketergantungan. data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistic dengan program spss 24.0 yaitu uji

Baca Juga : KONTROL DIRI REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA KAWAY XVI) (Rezki Saifan, 2019) ,

Baca Juga : HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019) ,

validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung untuk variable bermain game online adalah sebesar 2,484 dengan tingkat signifikansi 0,016. nilai ttabel pada a = 5% adalah 2,004. berdasarkan criteria uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (2,484 > 2,004) dengan nilai signifikansi (kurang dari 0,05) maka ha diterima, artinya game online berpengaruh positif terhadap perilaku remaja di fakultas mipa program studi informatika unsyiah. kata kunci :bermain game online, perilaku komunikasi

Tulisan yang relevan

PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (STUDI KASUS PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP AGRESIFITAS ANAK USIA 8-15 TAHUN DI DESA LAMTEUMEN TIMUR) (Sheidati Zakiah Uli Iman, 2020) ,

HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN ONLINE GAME ADDICTION PADA MAHASISWA (WAHYU MAULANA, 2020) ,

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi