YANTI MUHARRAMI . PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, ular tangga, monopoly, ips terpadu media sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena ia berperan sebagai alat bantu pendengaran dan penglihatan peserta didik. salah satu media yang bisa digunakan dalam pembelajaran adalah media permainan ular tangga dan monopoly dimana dengan menggunakan kedua media ini dapat melatih siswa untuk aktif berkerja sama dalam kelompok. rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan media permainan monopoly pada mata pelajaran ips terpadu siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan media permainan monopoly pada mata pelajaran ips terpadu siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh. populasi dalam penelitian

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017) ,

Baca Juga : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (Febri Wanti Ramadhani, 2018) ,

ini adalah seluruh siswa kelas vii yaitu 3 kelas yang jumlah siswa 61 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas vii 1 sebanyak 22 siswa dan kelas vii 2 sebanyak 21 siswa. teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum menerima pelajaran, sedangkan post-test dugunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerima pelajaran. teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. hasil pengolahan data tersebut diperoleh nilai t hitung = 3,24 yang lebih besar dari t = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan peluang 0,95 dan dk = 41, maka h 0 tabel ditolak dan h diterima. simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa meggunakan media permainan monopoly pada mata pelajaran ips terpadu siswa kelas vii di smp negeri 14 banda aceh.

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO DAN GEO-MONOPOLY DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sutriani, 2018) ,

PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDA ACEH (Putri Mawarni, 2020) ,

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi