Adelia Rahmawati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN INTERAKTIF LUDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : model pembelajaran, tgt, media ludo, hasil belajar, geografi penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran team games tournament menggunakan media permainan interaktif ludo untuk meningkatkan hasil belajar siswa sma inshafuddin banda aceh. rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah: (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran tgt berbantuan media ludo interaktif. subjek penelitian adalah siswa kelas x sma inshafuddin banda aceh yang berjumlah 29 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket siswa. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian menunjukkan (1) persentase ketuntasan secara individual

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 SABANG (Satria Hari Perdana, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015) ,

ingkat pada siklus i terdapat 25 siswa tuntas, siklus ii terdapat 27 siswa tuntas, dan siklus iii terdapat 28 siswa tuntas sedangkan persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% menjadi 90%; (2) aktivitas guru dan siswa dari siklus i sampai siklus iii telah mencerminkan penerapan menggunakan model pembelajaran; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat, hal ini terlihat pada siklus i diperoleh skor 2,81, siklus ii diperoleh 3,07 dan pada siklus iii diperoleh 3,11 dengan kategori baik; dan (4) respon siswa setelah mengikuti pembelajaran antara lain 100 persen siswa menjawab model pembelajaran menarik, 86,2 persen siswa menjawab model pembelajaran tergolong baru dan soal evaluasi baik, 82,7 persen siswa menjawab materi pembelajaran menarik dan 79,3 persen siswa menjawab penampilan guru menarik, 93,1 persen siswa menjawab suasana kelas menyenangkan, materi dapat dipahami, dapat menumbuhkan motivasi belajar, dan berminat mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran tgt berbantuan media ludo

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TREASURE CLUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH (Desi Rismainar, 2019) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi