| |
Asep Hasdiyansyah. NILAI YANG TERKANDUNG DALAMRAPA’I DEBUS DI SANGGAR RAPA’I MACAM BATE KEURAJEUN DESA BATE SOEK KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015 |
|
AbstrakAbstrak
kata kunci: nilai, rapa’i debus
skripsi berjudul “ nilai yang terkandung dalam rapa’i debus di sanggar rapa’i macam bate keurajaeun desa batee shok kecamatan sukakarya kota sabang. masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam rapa’i dabus di sanggar rapa’i macam bate keurajeun desa bate soek kecamatan suka karya kota sabang? tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam rapa’i debus di sanggar rapa’i macam bate keurajeun desa bate soek kecamatan suka karya kota sabang? metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. sumber data ketua sanggar rapa’i macam batee keurajeun, khalifah rapa’i debus, syech, anak syahi rapa’i debus, pemain rapa’i debus, kabid dinas kebudayaan dan pariwisata kota sabang, seniman tradisonal kota sabang. data diperoleh melalui metode (teknik) observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai-nilai yang
Baca Juga : NILAI-NILAI SOSIAL DALAM RAPA’I DEBUS DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT (Enda Risna, 2019) ,
Baca Juga : POLA RITME RAPA’I HAJAT DI SANGGAR RAPA’I TUHA DESA LAMREUNG, ACEH BESAR (Reza Falevi, 2017) , kandung dalam rapa’i debus di sanggar rapa’i macam batee keurajeun terdiri dari nilai estetis yang diwujudkan melalui gerak tubuh para pemain, kostum yang digunakan, syair-syair yang dinyayikan, teknik pengunaan properti (senjata tajam) dan bentuk pola lantai para pemain rapa’i. disamping itu terdapat nilai sosial masyarakat yaitu terbentuknya kesadaran, solidaritas, integralitas dan rasa kebersamaan dari seluruh lapisan masyarakat dalam proses persiapan pentunjukan dan latihan yang dilakukan. nilai sejarah juga menjadi penting terkait dengan ekssistensi rapa’i debus yang dideskripsikan melalui syair dan sejarah sistem pewarisan dan penyebaran rapa’i debus dari generasi ke generasi. selain itu terdapat juga nilai religius (agama islam) yang dapat diamati dari struktur bagian penyajiannya seperti: bagian awal memberikan salam, bagian kedua berisi pujian dan keagungan allah swt serta seulaweut kepada nabi muhammad saw. selain itu terdapat juga nilai moral yang direpresentasikan melalui syair-syair yang dinyanyikan, nilai moral ini berupa nasehat-nasehat dan petuah dari para pemain dan yang terakhir mamiliki makna nilai hiburan dari bentuk penyajiannya seperti atraksi kekebalan tubuh yang dilakukan oleh khalifah dan para pemain, nyanyian yang unik dan berkarakter serta variasi pola ritme rapa’i yang dimainkan oleh para Tulisan yang relevan BENTUK PENYAJIAN RAPA’I RATEB DI SANGGAR AWAK AWAI DESA GLA MEUNASAH BARO (SEPTIAR NANDA, 2015) ,POTENSI KAWASAN IBOIH SABANG SEBAGAI AREA PENGAMATAN BURUNG (BIRDWATCHING AREA (Nurul Wasilah, 2016) , PROSES PEMBELAJARAN TARI RATEB MEUSEUKAT DISANGGAR TICEMPALA KUNENG DESA ALUE GAJAH KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (LISA ISMAWATI, 2015) , |
|
|
Kembali ke halaman sebelumnya
Terkini
PROSPEK EKSPOR KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH |
ANALISIS KOMPARATIF TINGKAT PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN PADI SAWAH TADAH HUJAN BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR |
KAJIAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN PETANI KACANG TANAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR |
STUDI PENDAPATAN RUMAH TANGGA PERTANIAN DI DATARAN TINGGI (KASUS DESA URING KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH) |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA |