Meylisa Mutia. Penerapan Media Permainan Monopoli Geografi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : media, permainan monopoli, hasil belajar penerapan media dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. pemilihan media yang tepat serta sesuai dengan karakteristik siswa dapat membantu siswa untuk termotivasi dalam belajar. untuk menciptakan susana belajar yang menyenangkan, media permainan mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan minat belajar siswa. media permainan monopoli adalah jenis permainan papan yang bertujuan menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media permainan monopoli geografi dalam meningkatkan hasil belajar geografi, aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dengan menerapkan media permainan monopoli, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan media permainan monopoli, dan respon siswa terhadap penerapan media permainan monopoli. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-2 smp negeri 3 banda

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Nazlina, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 KOTA JANTHO (MIFTAHUL JANNAH, 2019) ,

ceh yang berjumlah 33 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, angket respon siswa, dokumentasi dan wawancara. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe number head together dengan menerapkan media permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase klasikal dan individual dari siklus i ke siklus ke ii mengalami peningkatan, aktivitas guru dan siswa dari siklus i ke siklus ii mengalami peningkatan dalam pengelolaan waktu yang telah ditentukan sesuai dengan waktu ideal, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan media permainan monopoli meningkat dari skor 2,7 dengan kategori baik pada siklus i menjadi 3,5 dengan kategori baik pada siklus ii, dan penggunaan media permainan monopoli selama proses pembelajaran mendapat respon positif dari

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (PUTRI DELIMA, 2020) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (ZAITUN MUNAR, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi